Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal APHTN-HAN?
GO TO LOGIN

Need a Username/Password?
GO TO REGISTRATION

*Registration and login are requiered to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Pedoman Penulisan

Jurnal Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara (JAPHTN-HAN) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Pengurus Pusat Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara yang dikelola oleh Departemen Riset dan Publikasi. Jurnal ini terbit secara berkala dua kali dalam setahun pada bulan Desember dan Juni, guna penyebarluasan (diseminasi) hasil penelitian atau kajian konseptual yang berkaitan dengan Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara. JAPHTN-HAN terbit dengan dua nomor dalam setahun. JAPHTN-HAN memuat hasil penelitian atau kajian konseptual (hasil pemikiran) tentang Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara serta isu-isu berkaitan dengan Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara yang belum pernah dipublikasikan di media lain. JAPHTN-HAN ditujukan untuk kalangan pakar, akademisi, praktisi, penyelenggara negara, LSM, serta pemerhati hukum ketatanegaraan.

  1. Naskah yang dikirim merupakan karya ilmiah original dan tidak mengandung unsur plagiarisme dengan pemeriksaan similarity tidak lebih dari 30% mengunakan Turnitin.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris sesuai dengan format Tamplate yang sudah disiapkan. Panjang manuskrip ilmiah hendaknya tidak lebih dari 8000 kata dan tidak kurang dari 5000 kata atau kurang lebih 20 halaman, termasuk gambar, grafik atau tabel (jika ada) yang menyertainya (terhitung dari pendahuluan - daftar pustaka)
  3. Naskah dilengkapi Judul Artikel, Nama Penulis, Lembaga Penulis, Alamat Lembaga Penulis, Alamat Email Penulis, Abstrak, Kata Kunci.
  4. Judul artikel harus spesifik dan lugas yang dirumuskan dengan maksimal 12 kata (bahasa Indonesia), 10 kata (bahasa Inggris), yang menggambarkan isi artikel secara komprehensif.
  5. Abstrak (abstract) ditulis secara gamblang, utuh dan lengkap menggambarkan esensi isi keseluruhan tulisan dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang masing-masing satu paragraf dengan jumlah kata antara 200 - 250 kata.
  6. Kata kunci (key word) yang dipilih harus mencerminkan konsep yang dikandung artikel terkait sejumlah 3-5 istilah (horos) dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  7. Sistematika penulisan Hasil Penelitian sebagai berikut:
    1. PENDAHULUAN
      1. Latar Belakang
      2. Perumusan Masalah
      3. Metode Penelitian
    2. PEMBAHASAN
      1. SUB PEMBAHASAN
      2. SUB PEMBAHASAN
        1. Sub Pembahasan
        2. Sub Pembahasan
    3. KESIMPULAN
    4. DAFTAR ISI
  8. Sistematika penulisan Kajian Konseptual (hasil pemikiran) sebagai berikut:
    1. PENDAHULUAN
      1. Latar Belakang
      2. Perumusan Masalah
    2. PEMBAHASAN
    3. KESIMPULAN
    4. DAFTAR ISI
  9. Cara referensi dan sitasi menggunakan model catatan kaki (footnotes) format The Chicago Manual of Style yang dikategorisasi berdasarkan jenis sumber berupa buku, jurnal, makalah, karangan esai dalam buku kumpulan tulisan, dan internet. Sumber disusun berdasarkan abjad dalam setiap kategorinya. Rujukan yang dicantumkan dalam daftar pustaka hanyalah rujukan yang benar-benar dikutip dalam manuskrip, Daftar Pustaka: Minimal 15 di luar peraturan dan UU; Daftar pustaka usahakan memiliki ketentuan sebagai berikut persentase 80% referensi berasal dari jurnal (relevan dalam 5 tahun terakhir), daftar pustaka disusun secara alfabetis berdasarkan nama penulis, ketentuan nama penulis: nama yang ditampilkan adalah nama akhir (nama keluarga) penulis diikuti dengan singkatan nama awal (dan tengah jika ada), jika penulisnya lebih dari satu orang, maka cara penulisannya sama, ketentuan penulisan judul rujukan seperti karya ilmiah yang tidak dipublikasikan (unpublished), buku, jurnal, makalah seminar atau artikel lepas: diawali dengan huruf capital di setiap kata penyusunnya, (kecuali kata penghubung), khusus judul artikel jurnal, huruf capital hanya untuk awal kalimat dan tanda baca pada akhir penulisan nama, tahun, judul artikel dan seterusnya diakhiri dengan titik (.) Sebelum dilanjutkan kata berikutnya. Khusus penulisan volume (nomor) jurnal diberi tanda titik dua (:) tanpa jarak spasi, contoh-contoh penulisan dapat dilihat pada penjelasan setiap jenis pustaka yang layak dirujuk.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau pihak lain mana pun.